MATA PELAJARAN EKONOMI (PEMINATAN)
Satuan
Pendidikan : SMA / MA
Kelas : X (SEPULUH)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati, mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Mensyukuri sumberdaya sebagai
karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan
1.2
Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan produk bank dan lembaga keuangan bukan bank
serta dalam pengelolaan
koperasi
2.1 Bersikap jujur,
disiplin,tanggung jawab, peduli, kreatif,mandiri, kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjakeras, sederhana, mandiri, adil,
berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
|
|
|
|
|
|
3.1 Mendeskripsikan
konsep ilmu ekonomi
4.1 Menyajikan konsep ilmu ekonomi
|
Konsep
Ekonomi
·
Pengertian
Ilmu ekonomi
·
Pembagian
Ilmu ekonomi
·
Prinsip
ekonomi
|
Mengamati:
Membaca pengertian
Ilmu ekonomi, pembagian
Ilmu ekonomi, dan prinsip ekonomi dari berbagai sumber belajar
yang relevan
Menanya
:
Mengajukan
pertanyaan
yang berkaitan dengan pengertian Ilmu ekonomi, pembagian Ilmu
ekonomi, dan prinsip ekonomi
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian Ilmu
ekonomi, pembagian
Ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi dari berbagai sumber
yang relevan
Mengasosiasi :
Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat hubungan antara pengertian Ilmu ekonomi, pembagian Ilmu ekonomi, dan prinsip ekonomi
Mengomunikasikan:
hasil analisis dan
simpulan tentang konsep dasar ilmu
ekonomi dalam berbagai bentuk media
(lisan dan tulisan)
|
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang
konsep ekonomi dalam bentuk
objektif dan uraian
Unjuk kerja :
Menilai kemampuan diskusi/presentasi menyajikan konsep ilmu
ekonomi
Penilaian produk :
Menilai laporan dan bahan presentasi tentang konsep ilmu ekonomi
Anecdotal Record untuk menilai ranah
sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
2 x 3 JP
|
· Buku
paket
ekonomi Kemendikbud
· Buku-buku ekonomi penunjang
yang relevan
· Media
massa cetak/ elektronik
|
3.2 Menganalisis masalah
ekonomi dan cara mengatasinya
4.2
Melaporkan hasil analisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya
|
Masalah Ekonomi dan cara mengatasinya
·
Inti masalah ekonomi/Kelangkaan
·
Pilihan
·
Biaya
peluang
·
Skala prioritas
·
Pengelolaan keuangan
·
Permasalahan pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa)
·
Sistem ekonomi
|
Mengamati :
Membaca tentang inti
masalah ekonomi/kelangkaan,
pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan
keuangan, cara
mengatasi masalah pokok ekonomi (apa,
bagaimana, untuk siapa), dengan
menggunakan sistem ekonomi yang berlaku dari berbagai sumber belajar
yang relevan
Menanya:
Mengajukan
pertanyaan
yang berkaitan dengan inti masalah ekonomi/Kelangkaan, pilihan,
biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan
keuangan, cara
mengatasi masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa) dengan menggunakan sistem
ekonomi yang
berlaku
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data/informasi tentang inti masalah ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah
pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa) dengan menggunakan sistem ekonomi yang berlaku dari berbagai sumber
yang relevan.
Mengasosiasi :
Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
dan menentukan
hubungan antara inti masalah ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi untuk mendapatkan
simpulan dan membuat rencana pemecahan masalah ekonomi
Mengomunikasikan:
hasil analisis dan
simpulan masalah
ekonomi dan cara mengatasinya dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
Tes tertulis :
Menilai
kemampuan kognitif tentang masalah ekonomi dan cara mengatasinya dalam bentuk objektif dan uraian.
Unjuk kerja :
Menilai
kemampuan diskusi/presentasi laporan hasil analisis masalah ekonomi dan cara
mengatasinya
Penilaian produk :
Menilai
hasil pembuatan tugas menyusun skala prioritas kebutuhan dan pengelolaan
keuangan
Anecdotal Record untuk menilai ranah
sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Buku
paket
ekonomi Kemendikbud
· Buku-buku ekonomi penunjang
yang relevan
· Media
massa cetak/ elektronik
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.3 Menganalisis peran pelaku kegiatan ekonomi
4.3
Menyajikan peran pelaku kegiatan ekonomi
|
Pelaku
Kegiatan Ekonomi
·
Pelaku-pelaku kegiatan ekonomi :Rumah
Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah
Tangga Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri.
·
Peran
pelaku kegiatan ekonomi
·
Model
diagram interaksi antar pelaku ekonomi/ circulair
flow diagram
|
Mengamati:
Pelaku-pelaku kegiatan ekonomi (Rumah Tangga Konsumsi, Rumah
Tangga Produksi, Pemerintah, dan Masyarakat Luar
Negeri), peran pelaku kegiatan ekonomi, model diagram interaksi pelaku
ekonomi/circulair flow diagram dari berbagai sumber belajar
yang relevan
Menanya:
Mengajukan
pertanyaan
yang berkaitan dengan pelaku-pelaku kegiatan ekonomi (Rumah Tangga Konsumsi, Rumah
Tangga Produksi, Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri), peran pelaku kegiatan ekonomi, model
diagram interaksi pelaku ekonomi/ circulair
flow diagram
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data/informasi tentang
pelaku-pelaku kegiatan ekonomi, peran pelaku
kegiatan ekonomi, model diagram interaksi pelaku ekonomi/circulair flow diagram dari berbagai sumber belajar yang relevan
Mengasosiasi:
Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh dari
bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
serta menentukan
hubungan antara pelaku-pelaku
kegiatan ekonomi, Peran pelaku kegiatan ekonomi, Model
diagram interaksi pelaku ekonomi/ circulair
flow diagram
untuk mendapatkan simpulan tentang peran pelaku kegiatan ekonomi
Mengomunikasikan
hasil
analisis dan simpulan tentang peran pelaku kegiatan ekonomi dalam berbagai
bentuk media (lisan dan tulisan)
|
Tes tertulis :
Menilai
kemampuan kognitif tentang peran pelaku kegiatan ekonomi dalam bentuk objektif dan uraian:
Unjuk kerja:
Menilai
kemampuan diskusi/presentasi menyajikan peran pelaku kegiatan ekonomi
Penilaian produk:
Menilai laporan dan bahan presentasi tentang peran pelaku kegiatan
ekonomi dan model diagram interaksi
pelaku ekonomi (circulair flow diagram)
Anecdotal Record untuk menilai ranah
sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
3 x 3 JP
|
· Buku paket ekonomi Kemendikbud
· Buku-buku ekonomi penunjang
yang relevan
· Media cetak/elektronik
· Narasumber
· Bila
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.4
Mendeskripsikan konsep pasar dan terbentuknya
harga pasar dalam perekonomian
4.4 Melakukan penelitian tentang pasar
dan terbentuknya harga pasar dalam perekonomian
|
Pasar
dalam perekonomian
·
Pengertian
pasar
·
Peran
pasar dalam perekonomian
·
Bentuk-bentuk
pasar (output) dan ciri-cirinya
Permintaan dan penawaran
·
Pengertian
permintaan dan penawaran
·
Faktor-faktor
yang memengaruhi permintaan dan
penawaran
·
Kurva
permintaan dan penawaran
·
Pergerakan
di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)
·
Hukum permintaan dan
penawaran serta asumsi-asumsinya
·
Proses
terbentuknya
harga keseimbangan
·
Pengertian
elastisitas dan macam-macam elastisitas
·
Faktor-faktor
yang memengaruhi elastisitas permintaan dan penawaran
|
Mengamati:
Membaca
peran
pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk
pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian
permintaan dan penawaran, faktor-faktor
yang memengaruhi permintaan dan penawaran,
kurva permintaan dan penawaran, pergerakan
di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum permintaan dan penawaran
serta asumsi-asumsinya, proses
terbentuknya
harga keseimbangan, pengertian
elastisitas dan macam-macam elastisitas,
faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas permintaan dan penawaran dari berbagai sumber belajar.
Menanya:
Mengajukan
pertanyaan : peran pasar dalam perekonomian,
bentuk-bentuk pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian permintaan
dan penawaran, faktor-faktor yang memengaruhi
permintaan dan penawaran, kurva
permintaan dan penawaran, pergerakan
di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum permintaan dan penawaran
serta asumsi-asumsinya, proses
terbentuknya
harga keseimbangan, pengertian
elastisitas dan macam-macam elastisitas,
faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas permintaan dan penawaran.
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data/informasi tentang peran
pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk
pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian permintaan
dan penawaran, faktor-faktor yang memengaruhi
permintaan dan penawaran, kurva
permintaan dan penawaran, pergerakan
di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum permintaan dan penawaran
serta asumsi-asumsinya, proses terbentuknya harga
keseimbangan, pengertian
elastisitas dan macam-macam elastisitas,
faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas permintaan dan penawaran dari beberapa sumber yang relevan
Mengasosiasi :
Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data
serta membuat hubungan tentang
peran
pasar dalam perekonomian, bentuk-bentuk
pasar (output) dan ciri-cirinya, pengertian
permintaan dan penawaran, faktor-faktor
yang memengaruhi permintaan dan penawaran,
kurva permintaan dan penawaran, pergerakan
di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran), hukum permintaan dan penawaran
serta asumsi-asumsinya, proses
terbentuknya
harga keseimbangan, pengertian
elastisitas dan macam-macam elastisitas,
faktor-faktor yang memengaruhi elastisitas permintaan dan penawaran.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
hasil
analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media
serta melaporkan hasil penelitian tentang peran pasar dan terbentuknya harga pasar dalam
perekonomian
|
Tes tertulis :
Menilai
kemampuan kognitif tentang pasar dalam kegiatan perekonomian dalam bentuk objektif dan uraian:
Penilaian projek :
Menilai
tugas melakukan penelitian sederhana tentang peran pasar dalam perekonomian
Penilaian produk :
Menilai laporan hasil penelitian sederhana tentang peran pasar dalam
perekonomian
Anecdotal Record untuk menilai ranah
sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
6 x 3 JP
|
· Buku
paket
ekonomi Kemendikbud
· Buku-buku ekonomi penunjang
yang relevan
· Media
cetak/elektronik
·
Bila memungkinkan dapat mengakses data dari internet,
contoh: http://adit10411165.blogspot.com/2012/01/konsep-dasar-struktur-pasar-dalam.html
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.5
Mendeskripsikan
bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral
4.5.
Menyajikan peran dan produk bank, lembaga
keuangan bukan bank, Otoritas jasa Keuangan (OJK) dan Bank Sentral
|
Bank
·
Pengertian
bank
·
Fungsi
bank
·
Jenis, prinsip kegiatan usaha,dan
produk bank
Lembaga
Keuangan Bukan Bank (LKBB)
·
Pengertian
lembaga
keuangan bukan bank
·
Fungsi
lembaga keuangan bukan bank
· Jenis, prinsip
kegiatan usaha, dan produk
lembaga keuangan bukan bank
Bank
sentral
·
Pengertian bank sentral
·
Fungsi,
tugas dan wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik
Indonesia
· Stabilitas sistem keuangan
Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
·
Pengertian OJK
·
Fungsi, tugas, dan
wewenang OJK
|
Mengamati: pengertian bank dan lembaga keuangan bukan bank, fungsi bank dan lembaga keuangan
bukan bank jenis,
prinsip kegiatan usaha, dan produk
bank dan lembaga keuangan bukan
bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan
wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik
Indonesia,
stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan
wewenang OJK dengan
menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
Menanya:
bertanya dan berdiskusi untuk mendapatkan
klarifikasi tentang pengertian
bank dan
lembaga keuangan bukan bank, fungsi
bank
dan lembaga keuangan bukan bank, jenis, prinsip kegiatan usaha, dan produk
bank dan lembaga keuangan bukan
bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan
wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik
Indonesia,
stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan
wewenang OJK
Mengeksplorasi:
mengumpulkan
data/informasi pengertian bank dan lembaga keuangan bukan bank, fungsi bank dan lembaga keuangan
bukan bank jenis,
prinsip kegiatan usaha, dan produk
bank dan lembaga keuangan bukan
bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan
wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik
Indonesia,
stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan
wewenang OJK dari
berbagai sumber belajar yang relevan
Mengasosiasi :
menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta
menghubungkannya tentang pengertian
bank dan
lembaga keuangan bukan bank, fungsi
bank
dan lembaga keuangan bukan bank jenis, prinsip kegiatan usaha, dan produk
bank dan lembaga keuangan bukan
bank, pengertian bank sentral, fungsi, tugas dan
wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik
Indonesia,
stabilitas sistem keuangan, pengertian OJK, fungsi, tugas, dan
wewenang OJK berdasarkan
data/informasi yang sudah dikumpulkan
Mengomunikasikan:
Laporan
dan mempresentasikannya dalam bentuk lisan dan tulisan tentang peran dan
produk bank dan lembaga keuangan bukan bank, serta peran dan fungsi bank
sentral dan OJK
|
Tes tertulis :
Menilai
kemampuan kognitif tentang bank dan lembaga keuangan bukan bank dalam bentuk objektif dan uraian
Unjuk kerja :
Menilai
kemampuan mendemontrasikan fungsi dan produk bank dan lembaga keuangan bukan
bank, OJK dan bank sentral
Penilaian produk :
Menilai laporan dan bahan presentasi tentang peran dan produk bank dan
lembaga keuangan bukan bank
|
6
x 3 JP
|
· Buku
paket
ekonomi Kemendikbud
· Buku-buku ekonomi penunjang
yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· www.ojk.go.id
· www.idx.co.id
·
Undang-undang
No. 23 Tahun 1999 junto UU No. 3 Tahun 2004 junto No. 6 Tahun 2009 tentang BI
·
Undang-undang
No.21 tahun 2011 tentang OJK
· Undang-undang No. 10
Tahun 1998 tentang Perbankan
· Undang-undang No. 21
Tahun 2008 tentang Perbankan
Syariah
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.6
Mendeskripsikan
sistem pembayaran dan alat pembayaran
4.6 Menyimulasikan sistem
pembayaran dan alat pembayaran
|
Sistem Pembayaran dan Alat
Pembayaran
·
Pengertian
Sistem Pembayaran
·
Peran
Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran
·
Penyelenggaraan
sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia
Uang
·
Sejarah
uang
·
Pengertian uang
·
Fungsi,
jenis
dan syarat uang
·
Unsur
pengaman uang rupiah
·
Pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia
Alat
pembayaran nontunai
·
Jenis-jenis
alat
pembayaran nontunai
|
Mengamati: pengertian sistem pembayaran, peran Bank
Indonesia dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai
oleh Bank Indonesia, sejarah
uang, pengertian uang, fungsi,
jenis
dan syarat uang,
unsur pengaman uang rupiah,
pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis
alat
pembayaran nontunai
dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
Menanya:
bertanya dan berdiskusi untuk
mendapatkan klarifikasi tentang pengertian sistem
pembayaran, peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan
sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, sejarah uang, pengertian uang, fungsi,
jenis
dan syarat uang,
unsur pengaman uang rupiah,
pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis
alat pembayaran
nontunai.
Mengeksplorasi:
mengumpulkan
data/informasi tentang pengertian sistem pembayaran, peran Bank Indonesia
dalam sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank
Indonesia, sejarah
uang, pengertian uang, fungsi, jenis dan syarat uang, unsur pengaman uang rupiah,
pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis
alat
pembayaran nontunai
dari berbagai sumber belajar yang relevan
Mengasosiasi:
menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya tentang pengertian
sistem pembayaran, peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran,
penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, sejarah uang, pengertian uang, fungsi,
jenis
dan syarat uang,
unsur pengaman uang rupiah,
pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia, dan jenis-jenis
alat
pembayaran nontunai
berdasarkan data/informasi yang sudah dikumpulkan
Mengomunikasikan laporan dalam bentuk lisan
dan tulisan, mempresentasikannya,
serta mensimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran di depan kelas.
|
Tes tertulis :
Menilai
kemampuan kognitif tentang sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam bentuk
objektif dan uraian
Unjuk kerja:
Menilai
kemampuan menyimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran (sikap dan
keterampilan)
Penilaian produk :
Menilai
laporan dan bahan penyajian tentang sistem pembayaran dan alat pembayaran
Anecdotal Record untuk menilai ranah
sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Buku
paket
ekonomi Kemendikbud
· Buku-buku ekonomi penunjang
yang relevan
· Media
cetak/elektronik
· Undang-undang
Republik Indonesia No. 7 tahun 2011 Tentang Mata Uang
· Peraturan
Bank Indonesia No.6 /14/PBI/2004 tanggal 22 Juni 2004 tentang Pengeluaran, Pengedaran, Pencxabutan,
Penarikan dan Pemusnahan Uang Rupiah
· Peraturan
Dewan Gubernur No.6/7PDG/2004 tanggal 22 Juni 2004 tentang Manajemen
Pengedaran Uang
· Surat
Edaran Intern No.7/84/INTERN tanggal 28
Oktober 2005 tentang petunjuk Pelaksana Pengeluaran Uang Rupiah Baru
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.7 Mendeskripsikan konsep
manajemen
4.7 Menerapkan
konsep manajemen
dalam kegiatan sekolah
|
Manajemen
·
Pengertian
manajemen
·
Fungsi-fungsi manajemen
·
Unsur-unsur manajemen
·
Bidang-bidang
manajemen
·
Penerapan
fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
|
Mengamati
:
Membaca pengertian
manajemen, fungsi-fungsi
manajemen,
unsur-unsur manajemen,
bidang-bidang manajemen dan penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
Menanya:
Mengajukan pertanyaan pengertian manajemen,
fungsi-fungsi
manajemen,
unsur-unsur manajemen,
bidang-bidang manajemen dan penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
Mengeksplorasi
mengumpulkan
data/informasi tentang pengertian manajemen, fungsi-fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen,
bidang-bidang manajemen dan penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
dari berbagai sumber belajar yang relevan
Mengasosiasi
menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menentukan hubungannya
tentang pengertian manajemen, fungsi-fungsi
manajemen,
unsur-unsur manajemen,
bidang-bidang manajemen dan penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
berdasarkan data/informasi yang sudah dikumpulkan
Mengomunikasikan
Menyampaikan laporan tentang
rancangan penerapan teori manajemen dalam kegiatan sekolah dan
mempresentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
|
Tes tertulis :
Menilai
kemampuan kognitif tentang hakikat manajemen dalam bentuk objektif dan uraian.
Penilaian projek :
Menilai
kemampuan
mempraktikan teori manajemen dalam kegiatan sekolah
(sikap, keterampilan)
Anecdotal Record untuk menilai ranah
sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
3
x 3 JP
|
· Buku
paket
ekonomi Kemendikbud
· Buku-buku ekonomi penunjang
yang relevan
· Media
cetak/elektronik
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.8 Mendeskripsikan konsep
koperasi dan pengelolaan koperasi
4.8 Menerapkan
konsep koperasi
dan pengelolaan koperasi
|
Koperasi
· Pengertian koperasi
· Asas koperasi
· Prinsip-prinsip koperasi
· Tujuan koperasi
· Jenis-jenis
koperasi
·
Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi
Pengelolaan koperasi
· Peran koperasi
·
Perangkat organisasi koperasi
·
Sumber permodalan koperasi
· Prosedur
pendirian koperasi
|
Mengamati
Membaca pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi,
peran koperasi, perangkat organisasi
koperasi, sumber permodalan koperasi, dan prosedur pendirian koperasi dengan
menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
Menanya:
Mengajukan pertanyaan pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi,
peran koperasi, perangkat organisasi
koperasi, sumber permodalan koperasi, dan
prosedur pendirian koperasi
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan
data/informasi tentang pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi.
peran koperasi
sekolah, perangkat organisasi koperasi
sekolah, sumber permodalan
koperasi sekolah, dan prosedur
pendirian koperasi sekolah dari berbagai sumber belajar yang relevan
Mengasosiasi:
Menganalisis dan
menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya tentang pengertian koperasi, asas koperasi, prinsip-prinsip koperasi, tujuan koperasi, jenis-jenis koperasi, Selisih Hasil Usaha (SHU) koperasi,
peran koperasi, perangkat organisasi
koperasi,
sumber permodalan koperasi, dan prosedur pendirian koperasi berdasarkan
data/informasi yang sudah dikumpulkan
Mengomunikasikan
rencana
penerapan konsep koperasi dalam praktik pengelolaan Koperasi Siswa (KOPSIS)
|
Tes tertulis :
Menilai kemampuan kognitif tentang
hakikat koperasi dalam bentuk
objektif dan uraian:
Penilaian projek :
Menilai
kemampuan dalam mempraktikan pengelolaan koperasi sekolah melalui KOPSIS.
Anecdotal Record untuk menilai ranah
sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
6
x 3 JP
|
· Buku
paket
ekonomi Kemendikbud
· Buku-buku ekonomi penunjang
yang relevan
· Media
cetak/elektronik
·
Undang-undang
No.17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian
·
Keputusan
Bersama Menteri Koperasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri
Dalam Negeri No.SKB 125/M/KPTS/X/1984, No.0447/U/1984, dan No. 71 tahun 1984
tentang pembinaan dan pengembangan koperasi sekolah.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar